Indonesia

          Indonesia terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, kepulauan Indonesia yang sangat luas membentang 5.120 km di seluruh khatulistiwa, diposisikan antara benua Asia dan Australia. Empat perlima dari wilayah ini adalah laut dengan pulau-pulau besar seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Terdapat 300 kelompok etnis yang ada harmonis melahirkan aneka nuansa budaya dan orang-orang menarik. Kelompok-kelompok etnis utama adalah: Minangkabau, Melayu, Jawa, Sunda, Madura dan Ambon . Arab, imigran Cina dan India juga menetap di daerah di seluruh negeri, khususnya di kota-kota pesisir.

          Secara geografis, lanskap di Indonesia sangat bervariasi. Jawa dan Bali memiliki pulau yang paling subur dan sawah terkonsentrasi di kedua daerah, sedangkan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua sebagian besar masih ditutupi dengan hutan hujan tropis. Padang rumput nan hijau menjadi ciri khas nusa tenggara.

          Dataran rendah yang terdiri dari sebagian besar wilayah Indonesia memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi, suhu  dan kelembaban. Iklim tropis di Indonesia dan karakter geografis yang unik memberikan perlindungan bagi flora dan fauna.  Tanaman dan hewan di wilayah Indonesia bagian Barat menyatakan bahwa dari daratan Asia sementara mereka yang di wilayah timur adalah khas Australia.Spesies endemik, yang merupakan kebanggaan Indonesia ada di wilayah tengah, seperti orangutan, harimau, badak bercula satu, gajah, dugong, anoa dan komodo. Hutan tropis yang hangat yang terdapat hampir diseluruh nusantara memelihara lingkungan laut kaya yang memiliki segudang ikan, karang dan spesies mamalia laut.

          Sebuah warisan budaya diwariskan melalui generasi ke generasi menawarkan kekayaan seni tradisional dan kerajinan. Batik, ukiran kayu, tenunan, perak dan banyak keterampilan tradisional lainnya menghasilkan barang-barang indah yang indah.  Festival budaya dan agama di Indonesia selalu ada dan berlangsung setiap tahunnya. Sering ditampilkan dalam acara ini adalah tarian, wayang, kethoprak dan seni pertunjukan lainnya.

          Peninggalan-peninggalan nenek moyang seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, menjadi salah satu warisan budaya yang sangat tersohor akan nilai seni dan nilai historisnya. Semua itu menjadi bukti bahwa keaneragaman yang ada di Indonesia tidak ada bandingannya. Semua berbaur dan hidup berdampingan dengan selaras tanpa ada pembedaan suku, agama, budaya, warna kulit dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger